Kamis, 17 Februari 2011

Tahu, makanan sehat yang sederhana


Mengawali pagi, aku buka kulkas untuk mempersiapkan masakan hari ini. Hmm...bikin sambel goreng labu siam plus udang pasti enak, tapi kurang satu...ibuku dulu tidak pernah lupa menyertakan tahu kalau bikin sambel goreng. Yah..tahu adalah salah satu makanan favoritku. Diapain saja rasa tahu tetap enak dimulutku..apalagi tahu goreng hangat trus dicolekin di sambal kecap...wuihhh...bener - bener mantjapp...!

Ngomong - ngomong soal tahu, sebenarnya zat gizi apa saja sih yang terkandung didalamnya ? Kandungan tahu sangat kaya protein kedelai. Nah..berdasarkan penelitian medis, protein kedelai ini mampu menurunkan kadar kolesterol hingga 30 %. LDL ( kolesterol jahat ) dapat berkurang 35 - 40 %, bisa mengurangi pembekuan darah, bahkan meningkatkan kadar HDL ( kolesterol baik ). Ini pas banget buat para penderita penyakit jantung dan diabetes.

Disamping itu, tahu juga kaya kalsium yang sangat bagus untuk penderita rheumatoid arthritis, penyakit yang menyerang kekebalan tubuhnya sendiri, sehingga terjadi peradangan dalam waktu yang cukup lama pada sendi. Tahu juga bisa membantu menyeimbangkan tingkat estrogen, sehingga bisa bisa membantu dan mencegah gejala - gejala tidak nyaman saat menopouse.

Tuh kan...gak ada ruginya jadi pelahap tahu. Sudah murah, dijual dimana - mana dan sehatnya dapat lagi....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar