Selasa, 15 Februari 2011

Kelapa, tanaman seribu manfaat.


Waktu berangkat kerja, aku melihat ujung daun kelapa tersembul dari balik genteng salah satu rumah dipinggir jalan. Pemandangan yang sering terlewatkan. Rasanya sudah lama sekali tidak pernah melihat pohon kelapa. Padahal waktu kecil dulu, disebelah rumah banyak sekali tumbuh pohon kelapa. Maklum, rumahku bersebelahan dengan kebun tetangga. Dulu waktu musim kemarau trus angin bertiup agak kencang, pasti ada saja buah kelapa yang jatuh. Dan aku serta teman - teman kecilku pasti berlarian berebut buah kelapa yang jatuh...padahal gak ikut punya..tp merasa memiliki..hi..hi..

Waktu sudah mulai memasuki masa sekolah, aku mengikuti kegiatan pramuka. Dan dari sini aku mulai dikenalkan dengan manfaat kelapa...lambang kebanggaan pramuka. Dalam kehidupan sehari - hari, kelapa memang tidak asing lagi. Mulai dari akar, pohon, buah sampai daunnya..semua bermanfaat.

Akar kelapa.


Warna kecoklatan yang dihasilkan akar kelapa digunakan sebagai zat pewarna pada perabotan rumah tangga.


Pohon kelapa.


Batang pohon kelapa adalah salah satu bahan bangunan yang bagus. Alas genteng, kayu saka pintu, meja, kursi, bingkai lukisan..atau yang paling sederhana ya..kayu bakar.


Buah kelapa.


Buah kelapa benar - benar multifungsi. Orang - orang biasanya memanfaatkan air degan ( kelapa muda ) hijau untuk menetralisir racun yang masuk kedalam tubuh. Air buah kelapa juga biasa digunakan sebagai bahan pembuat nata de coco dan juga kecap. Daging buah kelapa biasanya digunakan sebagai santan, atau campuran masakan dan bahan kue. Daging buah kelapa juga bisa digunakan untuk bahan pembuatan minyak goreng, kopra. Tempurung buah kelapa biasanya digunakan untuk bahan kerajinan tangan, juga untuk arang. Sabut kelapa digunakan untuk bahan pembuat sapu lantai, keset, tali dan juga untuk pelapis jok kursi.


Daun Kelapa.


Daun kelapa muda biasanya digunakan untuk dekorasi, bungkus ketupat. Untuk daun kelapa yang tua biasanya digunakan untuk sapu lidi, nyiru, dianyam sebagai atap, keranjang dan juga kerajinan tanagn yang lain.


Kelapa, benar - benar tanaman seribu manfaat. Tapi satu hal yang perlu anda waspadai dari pohon kelapa...jangan berdiri dibawahnya saat angin bertiup kencang...bisa tertimpa buahnya yang mungkin tiba - tiba jatuh...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar